Cara Memperbaiki Microphone Headset dengan Praktis

701 views
Earphone atau microphone di headset seringkali mati. Ada beberapa cara memperbaiki microphone headset yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Alat tersebut memiliki fungsi utama untuk mengeluarkan suara. Biasanya penggunaan akan disambungkan dengan perangkat elektronik lain seperti ponsel, komputer atau laptop. Ini adalah salah satu alat yang ukurannya cukup kecil. Kebanyakan orang menyebutnya sebagai speaker pasif. Itulah kenapa untuk menggunakannya harus dipasang langsung tepat di lubang telinga Anda. Saat ini semakin majunya jaman, ada banyak sekali model headset dengan komponen yang lebih lengkap. Bahkan ada yang sudah menggunakan teknologi Bluetooth sehingga tidak perlu dipasang dengan alat lainnya untuk menggunakannya. 
Seringkali alat kecil tersebut rusak mendadak yang membuat suara tidak bisa keluar dengan jelas atau bahkan mati. Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaiki microphone headset Anda harus tahu kerusakan apa saja yang mungkin terjadi. Biasanya yang sering adalah headset suaranya pecah atau seperti tidak jelas. Kemudian tidak jarang juga suara antara bagian kanan dan kiri tidak sama, besar atau kecil sebelah. Tombol microphone mati mendadak, dan banyak yang lainnya lagi. Biasanya kebanyakan pengguna memilih membeli headset yang baru namun jika bisa memperbaikinya kenapa tidak? Apalagi jika headset yang rusak harganya cukup mahal.
Cara Memperbaiki Microphone Headset
Ada beberapa perlengkapan yang harus Anda siapkan sebelum memulai tahapan dalam cara memperbaiki microphone headset. Beberapa alat yang Anda butuhkan untuk proses perbaikan seperti obeng, isolasi, gunting, cutter, timah, solder, dll. Setelah semua perlengkapan siap di hadapan Anda, sekarang bisa mulai untuk mencari tahu sebenarnya kerusakan utamanya apa. Biasanya untuk proses identifikasi Anda harus melakukan cek terlebih dahulu. Pasangkan headset pada bagian laptop atau tablet Anda untuk melihat secara langsung kerusakannya seperti apa.
Jika bagian yang rusak adalah pada bagian suara maka biasanya ada bagian yang sudah tidak terletak di tempatnya lagi. Yang biasanya harus diganti adalah speakernya langsung. Namun, biasanya prosesnya memang cukup sulit. Jika rusaknya adalah headset mati salah satu maka Anda bisa langsung cek bagian konektor headset. Setelah kerusakan Anda temukan dengan benar maka saatnya memulai proses perbaikan. Tahapannya sebagai berikut:
  1. Buka terlebih dahulu tutup pada bagian speaker mini Anda
  2. Lalu kemudian cek untuk bagian kabel yang menghubungkan konektor dan juga mic.
  3. Jika ada kabel yang putus maka coba untuk sambungkan lagi ke posisi awal. 
  4. Namun jika sudah Anda bongkar dan kerusakan tidak ditemukan namun kondisi headset tidak bisa berfungsi dengan baik maka mungkin Anda memang sudah saatnya ganti. 

Cara memperbaiki microphone headset dengan kerusakan sederhana memang cukup mudah. Saat melakukan pembongkaran harap hati-hati agar tidak justru merusak bagian yang tidak rusak.
Categories: HeadsetServiceTags:

Incoming search terms: