Darurat Bencana, Gunung-pun Harus Terbakar di Sulawesi Utara

2331 views

Darurat Bencana, Gunung-pun Harus Terbakar di Sulawesi Utara. Tiga buah gunung harus ludes terbakar oleh lahapan ganas si jago merah, yaitu Gunung Lokon di Kota Tomohon, Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Gunung Klabat di Kabupaten Minahasa Utara. Api yang masih menyala hingga saat ini terus diupayakan agar dapat padam. Fenomena alam yang terjadi belakangan ini makin memprihatinkan keadaan.

Darurat Bencana, Gunung-pun Harus Terbakar di Sulawesi Utara

Darurat Bencana, Gunung-pun Harus Terbakar di Sulawesi Utara

"Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta aparat TNI/Polri terus berupaya memadamkan api yang masih menyala," kata Kepala Dinas Kehutanan Herry Rotinsulu di Tomohon, Jumat (25/9/2015).

Menurut Herry, luas kawasan Gunung Klabat yang terbakar sekitar 35 hektar, cagar alam Gunung Lokon berkisar 100 hektar, sedangkan kawasan Gunung Soputan di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara masih dihitung.

Faktor alam yang terjadi sebagai pemicu dari kebakaran hutan dan lahan serta fenomena El Nino yang diperkirakan pengaruhnya hingga Desember 2015. Tidak hanya itu, kurangnya kesadaran dariĀ  masyarakat yang membuka lahan atau membersihkan dengan cara membakar. Hal ini bisa menyebabkan kerugian yang amat besar bila tidak dilakukan dengan benar.

"Dampak kebakaran ini yaitu merugikan aspek ekonomi yang dialami sektor darat, laut, dan udara, secara ekologi memusnahkan flora dan fauna, serta kesehatan yaitu terganggunya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)," ujarnya.

"Prinsip yang perlu dipegang terkait dengan kebakaran hutan dan lahan adalah lebih baik mencegah daripada memadamkan," ujarnya.

Dia juga mengharap semua masyarakat memperhatikan fenomena iklim ini serta faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran, kemudian menghindari perilaku kesengajaan. Misalkan membuang puntung rokok serta pembukaan lahan dengan cara membakar.

Penjabat Gubernur Soni Sumarsono dan rombongan sekitar pukul 14.00 Wita mengunjungi kebakaran di lereng Gunung Lokon yang sebelumnya sudah meluas ke area perkebunan.

"Diharapkan selalu melakukan imbauan dan penyuluhan kepada masyarakat terkait upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Bila sebuah hutan terus-menerus mengalami pembakaran dan gundul, maka duniapun akan kehilangan jantungnya karena telah habis dilahap oleh api yang terus membara. Oleh karena itu perlunya tingkat kesadaran tinggi akan pentingnya ekosistem hutan di dunia ini. Apalagi hutan sepertiga hutan dunia ada pada indonesia. Begitulah posting mengenai Darurat Bencana, Gunung-pun Harus Terbakar di Sulawesi Utara

Tags: #gunung #gunung terbakar #hutan #hutan terbakar #kebakaran #terbakar

Categories: IndonesiaTags: ∞ ∞