Duh Mengerikan, Orang Miskin Bertambah 310.000 di RI

1504 views

Duh Mengerikan, Orang Miskin Bertambah 310.000 di RI. Sesuai dengan Pasal 34 UUD 1945 yang berbunyi "Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara", bagaimanakah jika angka kemiskinan tersebut bertambah pesat sesuai dengan beriringnya waktu? Miris sekali bila melihat kemiskinan saat ini bertambah banyak. Terus bagaimanakah solusi terkait kemiskinan tersebut?

Duh Mengerikan, Orang Miskin Bertambah 310.000 di RI

Duh Mengerikan, Orang Miskin Bertambah 310.000 di RI

Sesuai denga laporan Badan Pusat Statistik (BPS),  jumlah penduduk miskin di Indonesia per Maret 2015 mencapai 11,22% dari total penduduk, atau mencapai 28,59 juta jiwa. Angka ini naik 310 ribu jiwa dari Maret 2014 yang mencapai 28,28 juta jiwa.

Menurut Menko Perekonomian, Darmin Nasution, hal tersebut tak lepas dari efek penurunan harga komoditas. Banyaknya perusahaan perkebunan dan pertambangan yang tidak berproduksi serta mengurangi jumlah pekerjanya.

"Jadi itu sesuatu yang tidak menggembirakan, tetapi juga tidak bukan sesuatu yang membuat kita harus panik. Sejak dua tahun lalu harga komoditi kita turun, ya harga kelapa sawit, harga karet, harga ini, harga itu, coba anda cek, turunnya besar. Itu artinya apa? Income (pendapatan) masyarakat orang per orang turun. Sementara harga pangannya tidak turun kan, kemiskinan mengukurnya begitu," ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Bila dilihat secara geografis, pulau Jawa adalah pulau yang jumlah penduduk sangat besar namun menampung penduduk miskin yang sangat besar pula. Hal ini dikarenakan, Industri perkebunan dan pertambangan ada di pulau jawa walaupun area penghasil industri tersebut berada pada Sumatera dan Kalimantan.

"Sebetulnya komoditi itu di luar Jawa tetapi industrinya ada di Jawa, jadi kalau income masyarakat di luar Jawa turun, akhirnya imbasnya ke sini (Jawa), walaupun mungkin tidak sebesar di luar Jawa," terangnya.

"Dari dulu cukup banyak orang yang hampir miskin. Nah orang yang di sini jika income-nya sedikit terganggu atau sebaliknya harga pangannya yang sedikit berubah itu jumlah orang miskinnya berubah," papar Darmin

Ada Solusi yang dapat diambil oleh pemerintah yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat. Khususnya yang bersumber dari pedesaan. Kemudian penyaluran bantuan langsung, seperti beras sejahtera, raskin atau beras untuk orang miskin.

Sebagai warga yang baik, jika ada pada garis kemiskinan janganlah kecil hati apalagi sampai meminta-minta (Baca: Pengemis memiliki tabungan 21Milyar)

Jadi walaupun ada jaminan dari pemerintah mengenai hidup orang miskin di negeri ini, kita tidak boleh terpaku pada bantuan pemerintah. Melainkan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak bergantung pada siapapun serta hidup utuh dan mandiri. Begitulah posting mengenai Duh Mengerikan, Orang Miskin Bertambah 310.000 di RI

Tags: #angka kemiskinan #indonesia #jumlah kemiskinan #miskin #orang miskin