Indonesia Kebagian Jatah Gerhana Matahari Total

970 views

Indonesia Kebagian Jatah Gerhana Matahari Total. Para ahli astronomi telah mengemukakan bahwa beberapa wilayah di Indonesia dapat menyaksikan gerhana matahari total dengan mata telanjang. Seiring kejadian, fenomena alam tersebut terjadi juga di daerah Eropa, Asia Utara, dan Afrika bagian utara. Cerahnya siang akan berubah gelap gulita karena proses alam yang terjadi secara alamiah.

Indonesia Kebagian Jatah Gerhana Matahari Total

Indonesia Kebagian Jatah Gerhana Matahari Total

Berdasarkan informasi gerhana di situs Solar Eclipse Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), gerhana matahari total baru akan menyapa Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang.

Mahasena Putra selaku kepala Observatorium Bosscha mengemukakan jika pada tanggal 9 Maret 2016 nanti 'Bayangan akan bergerak dari barat ke timur, dari Samudra Hindia, lalu masuk ke wilayah Sumatera, Bangka Belitung, Kalimantan, dan Sulawesi, lalu ke Pasifik."

Menurut Mahasena, Indonesia akan menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena alam yakni gerhana matahari. Wilayah yang dapat melihat gerhana total telah dikantongi yaitu,  Bangka Belitung, Pontianak, dan Palu. Wilayah Palu akan menjadi lokasi terbaik sebab akan mengalami totalitas gerhana terlama di dunia, yakni 2 menit dan 50 detik.

Sempat tersebar kabar burung dari sosial media bahwa ditahun 2015 ini akan ada 2 gerhana. Namun pernyataan tersebut dibantah dan diluruskan oleh Astronom amatir Ma'rufin Sudibyo. Ini dia kata beliau terkait isu gerhana ditahun ini "Ada 4 gerhana pada tahun 2015, yakni 2 gerhana matahari dan 2 gerhana bulan. Kita hanya kebagian gerhana, yaitu gerhana bulan besok tanggal 4 April," kata Ma'rufin

Gerhana matahari merupakan fenomena yang rutin terjadi mulai dari dulu hingga sekarang. Jika anda selama hidup belum pernah menyaksikan gerhana matahari total, maka menabunglah mulai sekarang untuk pergi ke lokasi guna menjadi saksi fenomena yang jarang terjadi ini. Apabila tidak menyaksikan gerhana matahari total tahun depan, anda harus menunggu hingga tahun 2023 mendatang. Itupun kalau terjadi, Demikian posting mengenai Indonesia Kebagian Jatah Gerhana Matahari Total

Tags: #gerhana #gerhana matahari #gerhana matahari total

Categories: SainsTags: ∞ ∞