Kenali Gejala Kanker Sejak Dini

783 views

Menurut Wikipedia, definisi kanker adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:
- tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
- menyerang jaringan biologis di dekatnya.
- bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Dari definisi diatas, diketahui kanker terbagi beberapa class, yaitu kanker stadium awal, menengah dan stadium akhir. Kebanyakan yang berkembang di masyarakat, pada kanker stadium awal tidaklah mudah terdeteksi, hal ini karena gejala kanker untuk tahap stadium awal amat sangat sulit dikenali. Biasanya mulai terasa dan terdeteksi setelah masuk stadium berikutnya.

Kali ini info sehat akan memberikan sedikit informasi kesehatan mengenai gejala awal yang patut diwaspadai sebagai gejala terjangkit penyakit kanker. Dalam hal ini, yang terlampirkan adalah gejala umum yang biasa terjadi pada penderita awal penyakit kanker. Gejala umum tersebut adalah sebagai berikut :

1. Adanya benjolan yang tidak wajar pada bagian tubuh tertentu, misal dada, leher, ketiak dan lain lain. Apabila anda merasa mempunyai kelainan tersebut, sebaiknya adalah memeriksakan ke dokter sejak dini, untuk mendeteksi apakah benjolan tersebut jenis kanker atau tidak. Karena ini adalah salah satu cara antisipasi terbaik buat kesehatan anda.

2. Sakit yang tak kunjung membaik.
Apabila sakit yang belum kunjung membaik disebabkan beberapa hal tertentu pada fisik kita, sebaiknya kita segera melakukan tes laboraturium untuk mengetahui jenis penyakit yang menyerang diri kita.

3. Penurunan berat badan yang tidak normal.
Sakit yang berkepanjangan dan penurunan berat tubuh yang tidak normal adalah salah satu ciri dari penyakit kanker. Hal ini terjadi apabila memang tidak terjangkit penyakit lain, misal types atau penyakit biasa lainnya. Oleh karena itu bila mengalami penurunan berat badan yang tidak normal, padahal tidak memiliki penyakit dan tidak diet, langkah sebaiknya adalah melakukan cek laborat.

Diatas adalah beberapa gejala dan langkah yang perlu kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak kita inginkan. Bagaimanapun pengecekan kesehatan tubuh sejak dini lebih utama dari pada mengobati.

Categories: KankerTags:

Incoming search terms:

No related post!