Mengatasi Mic Headset Tidak Berfungsi

925 views
Di era globalisasi yang semakin modern ini ternyata memudahkan dunia dalam segala hal. Terutama dalam hal komunikasi. Sejauh-jauhnya Anda berada tetap masih bisa menghubungi orang terkasih dengan komunikasi. Banyaknya aplikasi yang menyediakan video call bisa mengurangi rasa rindu Anda dengan kerabat terdekat. Supaya lebih jelas mendengar dan berbicara headset dengan microphone menjadi salah satu alat berguna. Tetapi jika mic headset tidak berfungsi, tujuan Anda ingin berbicara lebih jelas justru malah menjadi masalah. Ketidakberfungsian mic bisa karena headset yang Anda gunakan memang rusak dan tidak berfungsi. Bisa juga headset tersebut didesain tidak untuk telepon tetapi khusus mendengarkan musik atau sejenisnya. Ada beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan saat mic headset Anda tidak berfungsi, yaitu:
Mengatasi Mic Headset Tidak Berfungsi
1. Pengaturan Volume Control
Saat menggunakan headset terkadang kita tidak sadar dengan besar volume yang tercantum di ponsel. Jika Anda merasa mic headset tidak berfungsi, cek lagi pengaturan volume pada ponsel Anda. Bisa jadi volume terletak di tingkat paling rendah sehingga tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali. Coba tinggikan saja tingkat rendahnya.
2. Pastikan Jenis Headset yang Anda Pakai
Bagian ini adalah bagian yang sering tidak disadari oleh Anda. Banyaknya penjual headset tidak menutup kemungkinan mic yang ada tidak berfungsi dengan baik. Bukan hanya karena headset murahan tetapi juga karena memang headset tersebut tidak diciptakan untuk menggunakan mic.
3. Pehatikan port penghubung headset
Ada beberapa komputer yang memiliki port penghubung di depan dan di belakang casing komputer. Beberapa diantaranya hanya mengaktifkan port bagian belakang sehingga menyebabkan port yang berada di depan tidak aktif. Hal tersebut juga bisa mempengaruhi mic headset tidak berfungsi.

4. Cek pengaturan headset
Selain pengaturan volume, pengaturan headset juga terkadang tidak benar sehingga membuat kerja mic pada headset tidak terlalu maksimal. Pengaturan disini adalah pengaturan drive audio yang tidak tepat. Ketidak tepatan drive tersebut menghambat kerja mic pada headset.
Beberapa cara tersebut bisa Anda coba untuk memperbaiki mic yang tidak berfungsi. Jangan terlalu gegabah mengambil keputusan bahwa headset yang Anda miliki rusak. Karena beberapa hal yang memang harus Anda pastikan untuk kerja headset yang maksimal. Jika sudah mencoba cara diatas tetapi tetap saja tidak berfungsi, Anda bisa mencobanya di laptop atau media lainnya. Jika Anda masih mengalami mic headset tidak berfungsi, mungkin memang headset tersebut harus diganti karena rusak. Membeli headset juga perlu ketelitian karena seperti yang sudah dibahas diatas ada beberapa headset yang diciptakan hanya untuk mendengarkan saja. Headset yang seperti itu biasanya headset dengan harga murah tidak terlalu tinggi. Ada harga pasti ada rupa.

Baca Juga : Tips Memperbaiki Microphone Headset yang Tidak Mengeluarkan Suara