Mengenal Kepanjangan LCD dan LED

603 views
Dalam dunia teknologi, istilah LCD dan juga LED kerap kali digunakan. Untuk itu, disini akan dibahas mengenai kepanjangan LCD dan LED secara lengkap. Tujuannya agar jika suatu saat Anda memerlukan maka bisa menggunakan dengan baik dan benar. Dalam dunia teknologi kedua istilah tersebut sudah tidak lagi asing. Rata-rata semua digunakan untuk kebutuhan layar baik TV, komputer atau smartphone dan juga tablet. Secara sekilas kadang masyarakat nampak sangat mengenal akan perbedaan LCD dan LED namun sebenarnya tidak. Kedua jenis produk tersebut jelas saja berbeda, ada yang mengatakan LED lebih baik namun juga ada yang mengatakan sebaliknya.
Kepanjangan LCD dan LED itu sendiri adalah Liquid Crystal Display dan Light Emitting Diode. Berikut akan sedikit dijabarkan mengenai perbedaannya sehingga Anda tidak lagi sering keliru. Untuk LCD bahannya terbuat dari beberapa campuran. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat LCD adalah lapisan berupa kaca yang berwarna bening dan elektroda yang ada pada kaca bagian belakang. Nantinya kedua jenis bahan organik tersebut akan dihubungkan dengan arus listrik. Yang kemudian akan memantulkan cahaya kemudian akan berbentuk seperti yang diharapkan apakah huruf atau gambar. Canggih sekali bukan?
Mengenal Kepanjangan LCD dan LED
Dalam sebuah LCD sendiri ada sebuah pengendali yang bernama microcontroller. Fungsi utama dari microcontroller ini adalah sebagai pengendali untuk tampilan yang akan muncul pada LCD itu sendiri. Di dalam microcontroller akan ada sebuah memory yang dipakai di alam LCD bagian dalam. Nah untuk informasi selanjutnya dalam LED yang berhubungan dengan kepanjangan LCD dan LED. Perangkat yang bernama LED ini nantinya akan bisa memancarkan sebuah cahaya ketika sudah mendapat aliran listrik. LED ini sendiri termasuk dalam anggota diode family yang dibuat dengan material bernama semikonduktor. Jika dilihat, tidak jarang LED akan muncul dalam aneka warna yang berbeda. Nah warna warni tersebut berasal dari bahan semikonduktor yang dipakai. Namun, tidak jarang LED hanya mengeluarkan infra red seperti pada remote TV atau remote control mainan. 
LED berwujud seperti bohlam lampu namun berukuran kecil. Saat mengeluarkan cahaya LED tidak akan terasa panas. Anda bisa melihat pada berbagai perangkat elektronik yang ada di sekitar Anda. LED sendiri hanya bisa hidup jika ada aliran listrik. Tanpa aliran listrik mala LED tidak akan bisa menyala. Keunggulan LED yang selama ini dikenal ada sangat awet dan tahan lama. Banyak lampu atau alat elektronik yang menggunakan LED dan terbukti mampu bertahan hingga belasan tahun. Dalam teknologi TV dengan LCD juga banyak yang menggunakan LED untuk memancarkan lampunya. Itulah kenapa banyak TV yang menggunakan LED dan dikatakan menggunakan teknologi terbaru. Sekian informasi mengenai kepanjangan LCD dan LED.