Penurunan Permukaan Tanah terus Berjalan di Jakarta

1479 views

Penurunan Permukaan Tanah terus Berjalan di Jakarta. Tak terasa Jakarta seiring bergulirnya waktu mengalami penurunan struktur permukaan tanah. Terlebih lagi, permukaan tanah Ibu Kota ini lebih rendah dengan permukaan air laut. Banyak dampak yang terjadi akibat penurunan permukaan tanah ini, lalu apa saja akibatnya ?

Penurunan Permukaan Tanah terus Berjalan di Jakarta

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Amrta Institute, dari 1982 hingga 1997 daerah cengkareng mengalami ambles tanah lebih dari 160 sentimeter. Ketinggian air di Kampung Teko kini lebih dari 150 sentimeter. "Penurunan itu telah menyebabkan dua bayi tenggelam," kata Siti Badriah Syarif.

Penurunan permukaan tanah lebih terasa di Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Dua wilayah ini merupakan pesisir ibu kota terus mengalami ambles hingga saat ini. Terang dari Siti.

Menurut Badan Geologi pada 2009, pada 1982 hingga 1997 terjadi penurunan tanah lebih dari 180cm  di daerah Cengkareng, Kapuk, dan Penjaringan. Wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat juga masuk area kritis dengan penurunan tanah lebih dari 120cm. Penurunan itu terjadi di Sunter, Cempaka Putih, dan Kemayoran.

Siti mengatakan amblesan tanah di Jakarta tidak dapat dilihat dalam waktu seketika namun memiliki dampak negatif. Contohnya banjir di Jakarta kerap terjadi dan daerahnya terus meluas. "Luasan wilayah banjir di Jakarta terus bertambah," ujarnya.

Penurunan Permukaan Tanah terus Berjalan di Jakarta

Penurunan tanah dapat dilihat langsung pada menara Syah Bandar di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Itu merupakan Menara pantau peninggalan zaman Kolonial Belanda. Saat ini terlihat miring serta lebih dikenal dengan sebutan menara miring. Penyebabnya utama bukan karena ablesnya pondasi, akan tetapi  muka tanah di daerah tersebut mengalami penurunan.

Jika hal yang demikian terjadi secara terus menerus, maka masih sulit dalam mencari solusi agar tempat yang didiami oleh warga tetap aman. Ini akan berakibat fatal jika pondasi tanah pada gedung-gedung bertingkat mengalami penurunan, semoga tidak begitu. Seperti itu posting dari Penurunan Permukaan Tanah terus Berjalan di Jakarta

Tags: #jakarta #penurunan permukaan tanah jakarta #penurunan tanah jakarta #permukaan tanah #struktur tanah jakarta