Tips Jitu Membedakan Aplikasi Palsu Dengan yang Asli di Perangkat Smartphone

Tips Jitu Membedakan Aplikasi Palsu dan Asli di Perangkat Smartphone - Tentunya mayoritas pengguna smartphone sudah mengetahui bahwa ada banyak sekali aplikasi palsu yang bermunculan di App Store. Meski aplikasi tersebut bisa dibilang cukup berguna bagi penggunanya, namun jika kita melihat dampak negatifnya, aplikasi palsu ini sangat merugikan para pengguna smartphone yang memakai aplikasi palsu tersebut. Kenapa sangat merugikan? Karena dari beberapa aplikasi palsu itu bisa jadi mengandung virus malware yang bisa menurunkan kinerja smartphone atau justru malah mengambil informasi dan data penting para penggunanya. Apabila kita tidak hati-hati, tentu saja para pembuat aplikasi palsu tersebut akan sangat diuntungkan, karena para scammer tadi bisa mendapatkan data-data penting penggunanya dengan sangat mudah. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut? Berikut ini akan kami berikan beberapa cara supaya anda bisa dengan mudah membedakan jenis aplikasi yang palsu dengan yang asli.

5 Cara Pintar Mengenali Ciri Aplikasi Asli dan Palsu di Perangkat Smartphone.

1. Memeriksa Nama Developer Aplikasi.
Sebelum anda memutuskan untuk menginstal sebuah aplikasi, hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah dengan memeriksa nama pembuat aplikasi tersebut. Seringkali para scammer memanfaatkan nama yang serupa, seperti misalnya Aplikasi.com (asli) dan Aplikasi Inc (palsu). Tentunya hal seperti ini bisa dipakai oleh scammer untuk memperdayai si pengguna.

2. Berhati-Hati Dengan Promo Aplikasi.
Jika aplikasi berbayar menawarkan harga yang murah, tentu hal itu sangat menggoda. Namun anda pun harus tetap berhati-hati dengan aplikasi tersebut, bisa jadi itu merupakan aplikasi palsu. Apabila anda merasa ragu, bukalah situs resmi aplikasi tersebut untuk lebih meyakinkan anda.

3. Mengecek Semua Ulasan pada Aplikasi Tersebut.
Biasanya sebuah aplikasi yang asli punya ribuan atau bahkan jutaan ulasan yang jelas atau positif. Sementara pada aplikasi palsu biasanya tidak terdapat ulasan secara jelas. Untuk itu perlunya anda memeriksa ulasan pada aplikasi tersebut sebelum anda memasangnya di perangkat ponsel anda.

4. Melihat Tanggal Publikasinya.
Umumnya aplikasi palsu akan tertulis tanggal publikasi yang paling terbaru, sebab aplikasi palsu memang sengaja dibuat untuk menjiplak aplikasi aslinya.

5. Memeriksa Kesalahan Tulisan.
Apabila anda jeli, sebenarnya anda bisa mengenal aplikasi palsu dari kesalahan tulisan yang terdapat pada judul aplikasi tersebut.

Itu tadi beberapa cara membedakan aplikasi yang asli dengan yang palsu. Mudah-mudahan dengan anda membaca ulasan diatas, anda bisa lebih waspada lagi saat ingin memasang aplikasi di perangkat smartphone yang anda miliki.

Categories: Tekno TipsTags: ∞ ∞