Waspada akan Beras Asli dan Beras Palsu (Plastik)

1332 views

Waspada akan Beras Asli dan Beras Palsu (Plastik). Beras Palsu atau yang dikenal dengan beras plastik dibuat dengan menggunakan bahan baku sintetis. Pemkot Bekasi Jabar sedang melakukan uji laboratorium terhadap beras tersebut. Pasalnya keberadaan beras palsu tersebut membuat warga setempat resah, serta khawatir akan kesehatan apabila telah mengkonsumsi beras palsu.

 Waspada akan Beras Asli dan Beras Palsu (Plastik)

Waspada akan Beras Asli dan Beras Palsu (Plastik)

Warga Kecamatan Mustika, Bekasi, Jawa Barat, menemukan adanya beras plastik yang beredar di pasaran. Ternyata beras itu dijual dengan harga Rp 10.000 per liter. Sulit untuk membedakan beras asli dan beras plastik apabila telah dioplos dengan beras murni. Yang pasti, beras plastik terlihat lebih lembut dan memiliki warna yang lebih cerah.

Sampel beras telah dikantongi dan diperoleh dari pedagang, yang kemudian akan diuji  laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Bulog Jakarta. Menurut Herbert Panjaitan selaku Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi, “Hasil uji lab ini yang akan membuktikan apakah benar beras itu berbahan baku sintetis atau asli beras.”

Dan jika terbukti bahwa beras tersebut berbahan sintesis, maka pihaknya akan segera melapor ke kepolisian, serta mengimbau masyarakat untuk tidak resah dengan kabar tersebut dan tetap teliti dalam membeli beras.

Bahan sintesis apabila telah masuk kedalam tubuh maka akan merugikan kesehatan. Selanjutnya akan menimbulkan gangguan-gangguan pada sistem kesehatan tubuh manusia. Tips agar aman dalam membeli beras yaitu : Lebih baik kita membeli beras asli yang tersegel SNI atau lebih baiknya membeli langsung pada petani-petani di pedesaan. Dengan begitu, kita akan merasa aman dan nyaman tanpa dihantui oleh kekhawatiran akan beras palsu. Demikian posting mengenai Waspada akan Beras Asli dan Beras Palsu (Plastik)

Tags: #beras #beras asli #beras palsu #membedakan beras #tips beli beras

Categories: TipsTags:

Incoming search terms: